Tuesday, January 29, 2013

Train Trip Thailand - Malaysia (part 2)

On the airplane to Jakarta, 08.10 pm, 28th of Jan 2013.

Like I said before in the previous post, that you can NOT underestimate the booking ticket process for your Train Trip. Yeah.. it happened to me, I lost my sleeper cabin for my trip from Butterworth to Kuala Lumpur, just because I didn't book a ticket long day before. So what happened on that day? I tell you here..

Jadi setelah 2 hari 1 malem menjelajah Georgetown, saya kembali ke Butterworth utk naik Train menuju KL. Pada awal saya booking ticket di http://www.ktmb.com.my/, saya memang kehabisan jatah kursi untuk Sleeper Cabin, jadi ya terpaksa beli kursi yg duduk (Seat Cabin). Karena tadi, gw anggap gampang lah beli tiket Train sih, pasti dapet, lagian sapa jg yg mau naek kereta jaman skarang dari Butterworth ke KL. Dan ternyata saya salah, FULL BOOKED for Sleeper Cabin! Di websitenya sih kursi kabin itu lumayan terlihat nyaman yah, bisa pilih window ato aisle seat, bisa pilih single atau double seat. Dibanding website tiket utk Thailand, website Malay ini lebih bagus, ada online booking, pick a seat, and payment gateway. Cuma emang gatel sih liat lay out-nya, jelek bgt, jadi pengen revamp itu website. :\

Oiya FYI, for booking ticket, you can book the ticket 60 days before departure yah. So be prepared!

Sesampainya di pelabuhan ferry Butterworth, saya langsung jalan ke train station-nya, tp ternyata kecepetan dateng, si train blom nampak di platform, jadi saya nunggu sebentar di kantin statsiun sambil nonton piala FA, waktu itu ada Leeds United VS Tottenham (Leeds menang 2-1). Dibanding Hua Lamphong di Thai dan Sentral di KL, Butterworth Station ini cukup sederhana, kayak stasiun transit pada umumnya lah, cuma ada 2 platform yg tersedia. Pada saat itu statsiun ini lagi di renovasi, ada pekerjaan berat disana-sini. Semoga saat kalian coba dateng kesana, stasiunnya udah jadi. :)

Kembali ke perjalanan, menjelang jam 11 malem si train muncul, begitu disuruh masuk saya langsung cari gerbong & kursi dgn mencocokan ke ticket yg udah diprint. Sekilas saya melewati gerbong Sleepers Cabin, yg tampak nyaman sekali kalo malem ini saya tidur disitu. Ah damn, telat beli sih! Terus jalan, akhirnya sampe ke gerbong yg ternyata TETOOOOTTT… Aduh kursinya old school abis man! Dibandingin sama Kereta Executive Parahyangan ke Bandung kayaknya lebih bagus Parahyangan deh, yg padahal gw beli kelas yg sama.

Train ticket (KTM) Butterworth - KL
Seat Cabin, sucks! :(
Awalnya saya msh optimis ini akan nyaman, karena pas saya buka sepatu, saya injek karpetnya lumayan tebel & bersih. Kursinya jg bisa dipake lean back lumayan kebelakang. Nah setelah brangkat barulah penderitaan dimulai…

Saya tipe orang yg ga terlalu suka dingin yaa, jadi kalo disuruh pilih pantai atau gunung, saya lebih suka pantai. Nah di dalem Train itu awalnya suhu dingin emang udah berasa, tapi masih bisa ditolerir lah mungkin sekitar 22-24 celcius, dan lagi gerbong belum penuh penumpang. Karena biasanya penumpang akan bermunculan di statsiun2 setelahnya. Begitu berjalan kok ini suhu nambah lama nambah dingin yak? Dan ditambah malam hari pula, jadi dinginnya double. Saya pikir, mampus nih apalagi nanti subuh kayaknya bakal lebih dingin lagi. Mana badan capek abis jalan2 tadi siang di Georgetown, pengen bgt tidur nyenyak sebenernya. Plus, kalo lagi traveling gini, saya anti pake celena panjang, jadi saat itu saya pake celana pendek (dan gak bawa celana panjang dlm backpack).

Mencoba tidur beberapa menit setelah depart, saya kebangun oleh ma'cik yg membagikan sebotol air mineral & kue potong (banana cake yg lumayan legit & enak). Dia lewat, saya coba tidur lagi. Tapi ternyata suhu makin dingin, saya keluarin syal & sweater cardigan buat mengelawan dingin. Lumayan membantu pada saat itu. Tapi gak tau kenapa seakan kayaknya si masinis jutek ama saya dan tau bahwa saya gak kuat dingin, kok suhu malah jadi tambah dingin yak. Dengkul udah dingin, daun kuping juga dingin, batang hidung jg ikutan dingin, dan badan udah agak merinding. GAK BISA TIDOOOR GUE!

Compliment from KTM: Mineral Water & Banana Cake
Untungnya saya bawa sarung buat solat dan extra kaos kaki. Akhirnya anak tropis ini sedikit tertolong setelah pake sarung, berkaos-kaki, pake sweater & syal, PLUS EARPLUG! (Earplug yg msh ada pd saat saya beli pas nonton F1 di Singapore beberapa bulan sebelumnya). Saya berharap bgt kalopun cuma Seat Cabin, kita akan dipinjamkan selimut seperti pd umumnya kalo naik executive train. Tapi ternyata gak! gak ada selimut ama sekali.

Mencoba tidur selama perjalanan dari tengah malem sampe pagi hari, akhirnya saya sampe di KL jam 6.30 (which is 5.30 WIB). Saya langsung beres2 dan keluar. Sebegitu keluar train dan nginjek lantai platform gw bilang "Alhamdulillah anget". Itu suhu di Sentral Station KL hangat bgt, dan gw lihat ke botol air mineral yg gw pegang, yg ternyata ber-embun, even worse embun-nya lebay sampe netesin air. So berarti di dalem gerbong tadi dinginnya astagfirullah kan..

Karena badan capek semaleman cuma tidur ayam, dan musti nunggu pesawat ke Jakarta malem harinya. Saya berpikir utk cari hostel aja yg deket buat tidur dulu, gak jadi jalan2 di KL lah, males juga. Akhirnya saya ke PODs hostel yg lokasinya dibelakang KL Sentral, lumayan murah semalem cuma 25 RM utk 1 kasur di mixed-dorm. Tidur.

Menjelang sore, saya langsung check-out, si receptionist yg kayak fans BLINK 182, bilang kalo lo bukan orang pertama yg check-out sore2 gini, padahal baru check-in pagi harinya. Banyak orang kayak gitu di hostel ini, cuma transit utk tidur or take a nap for a while.

PODs Hostel in KL Sentral
Langsung jalan balik ke KL Sentral, saya langsung beli tiket KLIA Transit menuju LCCT. Buat yg gak tau, LCCT itu adalah budget terminal utk budget airways spt AirAsia, Mandala & Tiger Airways. Ada hal yg perlu diketahui, di KL Sentral itu ada 4 jenis Train, Train to Airport (KLIA Transit & Express), Commuter Line, MRT, dan …. Itu semua bermuara ato singgah di KL Sentral ini, jadi ini adalah multi-connecting station lah. Oiya, perlu dikatahui juga, ada 2 jenis train ke Airport: KLIA Transit and KLIA Express, bedanya kalo yg KLIA Transit itu dia bakal transit di setiap statsiun hingga pada akhirnya berhenti di KLIA. Kalian harus naik train ini utk bisa ke LCCT, nanti dia bakal transit di statsiun Salak Tinggi, turun disana dan kemudian naik shuttle bus ke LCCT. Sementara yg kedua adalah KLIA Express, nah yg ini ekspres bgt gak pake berhenti disetiap statsiun langsung ke KLIA. Yang ini buat kalian yg rada tajir bisa naik general airways or even executive airways. :)

Malaysia Railways Map
KL Sentral Station (platform)
KLIA Transit Train

So that's my entire story about Train Trip from Bangkok, Thailand to Kuala Lumpur, Malaysia. Let's finish it with this amazing video… Check this one out!