Tuesday, January 29, 2013

Train Trip Thailand - Malaysia (part 1)

Georgetown, 4.48 pm, 25th of Jan 2013.

The first time I did backpacking when I was in college, 4 years ago, I took a Train from Bandung to Jogjakarta, economic class. I still remember she said to me at that time "ngapain kamu ke Jogja naik kereta gitu?" and I said "yaa pengen aja nyoba"

That's the only reason I took this challenge to do a Train Trip again after 4 years, to do something that I want, let's try it man! it's going to be fun. :)

Kebetulan saya msh punya refund ticket di Mandala Air yg sempet bangkrut 2 thn lalu, jd saya bisa pake credit tersebut utk mulai trip ini pake pesawat. Jadi itinerary-nya adalah Jakarta - Bangkok (Airplane), Bangkok - Butterworth (Train), Butterworth - Kuala Lumpur (Train), KL - Jakarta (Airplane). Trip kayak gini ga bisa dibuat dadakan, hrs punya perencanaan mantep. Dan asal kalian tau, dapetin tiket Train itu ga gampang, sama susahnya kayak Airplane. Bedanya kalo Train ticket itu harganya stabil, tapi seat-nya cepet laku/habis, sedangkan Airplane harganya naik turun, walau seat-nya kemungkinan selalu ada dgn harga yg beda2.

Pemesanan Train ticket utk Thailand ga tersedia online (sampe tulisan ini dipublish), adanya pake agent di www.thailandtrainticket.com. Ini cukup terpercaya cuma agak ribet prosesnya. Sedangkan utk Train ticket Malaysia lebih enak & effisien, bisa pesen online & ada online paymentnya di www.ktmb.com.my. Saya ga mau bahas soal ini karena kalian bisa baca lebih lengkap di www.seat61.com/Thailand.htm#Singapore. Bahkan ga cuma Thailand-Malaysia dia bahasnya, even more you will get the itinerary for Trans-Siberian Express! *adrenalin rush*

Train Trip dimulai langsung saat saya mendarat di Suvarnabhumi Airport, sehabis ganti sim card supaya bisa tetep twitteran & pathan, saya langsung turun ke B1 utk akses Train dari airport to city of Bangkok pake SRT (The State Railway of Thailand). Dari Suvarnabhumi Airport kita bisa turun di Phaya Thai Station, untuk langsung ganti Train ke BTS (Bangkok Skytrain), Nah kalo udah sampe BTS, kalian udah aman tuh bisa jalan kemana2 di Bangkok, terserah. Below the BTS Map for your information :

Railways Bangkok Map
Nah karena saya ikut couchsurfing pd saat kmaren, jadi saya stay dulu semalem di daerah Siam utk nginep & jalan2. Besok harinya saya langsung ke Hua Lamphong Station utk ngejar Train nomor 35, ke Butterworth, jam 14.45.

Hua Lamphong Station, Bangkok.
Just got the ticket from messenger
Ada cerita lucu pas saya pesen tiket ini. Jadi karena di Thai ga bisa pesen sekaligus payment online, jadi saya kepaksa pake agent. Di website agent itu emang cukup gampang pesennya, cuma ribetnya adalah pd saat mau konfirmasi & bayar, saya perlu nunggu utk konfirmasi manual oleh mereka dan dilempar ke website lain utk payment-nya, setelah payment, si tiket juga gak online dikirim, tapi harus diambil di Hua Lampong station sejam sebelum keberangkatan. Akan ada kurir yg anter tiketnya ke kalian. Nah diemail konfirmasi itu, ada remark: "Kalo kurir dateng telat ato ga dateng, kamu bisa ambil refund di kantor kita. Tapi jika kamu yg telat dateng, si kurir akan jual tiket tersebut ke orang lain" NGOK! :D

Train Ticket from Bangkok to Butterwoth
Platform 5: Train to Butterworth
Nah diatas adalah gambar platform tempat si Train parkir. Saya coba cari cabin & seat yg tercantum ditiket. Saya pesen 2nd class slepper train, lower bed, harganya sekitar 1,201 THB atau sekitar 380 ribu rupiah. Di dalam saya ternyata punya cabin mate seorang Hokkian Malay & Russian. Si Hokkian Malay adalah karyawan percetakan koran yg mau pulang ke Butterworth dari liburannya yg seminggu di Bangkok, kalo si Russia kerjanya sbg developer konstruksi yg emang katanya lagi ada project di Penang, buat jembatan ato apa gitu.

Kita cerita banyak dari awal duduk, mulai dari "dari mana aja-ngapain-kerja apa", sampe ke masalah lain spt budaya - politik - hiburan, ya kalian bayangin aja 20 JAM non-stop di perjalanan! Yg manarik adalah soal si Russia itu kerjanya pindah2 tempat terus, dia udah pernah naik Trans Siberian Railways dari Moscow, Russia sampe ke Beijing, China dalam waktu 7 hari sepanjang 9,258 km. Gile!

Terus si Russia jg seneng bgt cerita ttg pengalaman, negara, budaya, politik dll. Dia cerita kalo winter di Russia itu super parah dinginnya, di Moscow suhu udara diluar bisa sampe minus 30 celcius. Bahkan ada joke kalo di dlm fridge mereka itu cuma -15, sementara diluar bisa lebih dingin sampe -30, jadi mending kita ngadem di dalem kulkas aja katanya. :)))

Dia juga cerita ttg nagara2 pecahan Russia yg semuanya berakhiran "-stan", seperti Kazakstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan dan Turkmenistan. Dia bilang moslem di Russia itu adalam kedua terbesar populasinya setelah Kristen, makanya 4 negara -Stan tersebut mayoritas penduduknya moslem. Dan yg paling saya notice adalah perempuan etnik itu merupakan salah satu spesies perempuan tercantik di dunia. Dia gabungan antara Asian yg punya kulit kuning langsat rambut coklat/hitam dan European yg punya mata biru & badan tinggi, makanya daerahnya disebut Euronesia. Bisa dibayangin deh, itu mahkluk kayak apa cantiknya, moslem lagi! Nah, sebelum naik kereta si Russia dikasih bekel bacaan ama istrinya, sebuah majalah lifestyle. Kalo dibuka lembar demi lembar, hampir semua perempuan dimajalah itu cantik semua!

Russian Magazine
Capek cerita ngalor-ngidul, gw akhirnya jalan ke gerbong belakang buat makan malem. Di gerbong restaurant itu mayoritas makanan yg disajikan adalah makanan Thai dan spt yg kalian tau makanan Thai enak2 (buat gw yah), kayak macem Mango Salad, Tom Yum, Pad Thai, etc.. Di restaurant gw semeja ama sekelompok Air Force Thailand, mereka habis dinas di Bangkok mau berencana pulang kampung ke Hat Yai (Kota paling selatan Thailand). Jangan dipikir mereka ganteng2 kayak Ben Afffleck & Josh Hartnett kayak di film Pearl Harbour, mereka tua2, giginya palsu, sedikit buncit, TAPI jangan salah mereka bisa terbangin F16, bung! :D

Sehabis makan yg biasalah ngantuk, saya tidur sekitar jam 11.30 malem dan bangun karena dingin jam 6 pagi. Dan saat itu selepas Hat Yai, saya lihat ke belakang kok ternyata gerbong restauran dan sisanya udah gak ada! Oh ternyata, emang gerbong Train yg sampe Butterworth (Malaysia) cm tinggal 2 gerbong. Lucu juga dari yg tadinya ada sekitar 8 gerbong, skrng cm tinggal 2 gerbong aja nyisa.

Jam 9 pagi kita sampe ke Thai-Malay border, kita turun sebentar utk cap passport di imigrasi. Seperti biasa kalo namanya border itu selalu lucu, ada tanda kalo ini Thailand dan selangkah kedepan adalah Malaysia. Selangkah maju ato mundur kalian bisa lihat dua script tulisan & bahasa yg beda.

Immigration Thai-Malay in Padang Besar
Padang Besar Station & Penang Map
Jam 12an saya sampe di Butterworth, udah bosan duduk, jadi disaat naik Ferry ke Georgetown saya lebih memilih jalan2 dan berdiri. Saya pisah sama si Hokian Malay & Si Russian di Butterworth Station, si Malay pulang ke ruman, si Russia stay di hotel, sementara saya ke pelabuhan buat naik Ferry ke Georgetown…

Butterworth Station
To be continue...

M!

1 comment:

1. Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka goib KI SAMJOYO telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama KI SAMJOYO 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 85 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih KI SAMJOYO jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan KI SAMJOYO DI (082 344 448 268)